Kamis, 14 April 2016

Semaphore

Salam Pramuka..!
Ketemu lagi dengan kakak di blog ini.. :) Kali ini kakak akan membahas sedikit tentang Semaphore. Sebelumnya ada yang sudah tau Semaphore??? (Pastinya sudah tau donggg..) Semaphore gak asing lagi di dunia Kepramukaan. Untuk lebih jelasnya kita langsung aja yaa.. Cekidott :)

Semaphore

            Semaphore adalah cara berkomunikasi atau memberi informasi menggunakan bendera,informasi dibaca melalui posisi bendera yaitu bendera Semaphore.Semaphore menggunakan 2 bendera yang berbentuk persegi yang merupakan gabungan dua buah segitiga sama kaki yang berwarna merah dan kuning,masing-masing bendera tersebut berukuran 45 cm x 45 cm.

            Penemu semaphore ini adalah  Claude Chappe,yang lahir di Brulon,Sarthe,Perancis tanggal 25 Desember 1763 adalah penemu Perancis yang pada tahun 1792 menunjukkan praktis sistem semaphore yang akhirnya membentang ke seluruh Perancis.


Semaphore merupakan salah satu bentuk isyarat menggunakan bendera yang masih digunakan ketika perang sipil di Amerika Serikat. Orang yang ditugaskan melakukan isyarat bendera ini biasanya berdiri di tempat yang tinggi agar mudah di lihat .Pada awal abad ke-19,semaphore digunakan dalam komunikasi kelautan,semaphore  juga digunakan sebagai Sinyal Rel Kereta Api.






Sekian apa yang dapat kakak sampaikan...
Kurang lebihnya kakak minta maaf..

Salam Pramuka !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar