Rabu, 13 April 2016

Pengertian Pramuka, Kepramukaan, dan Gerakan Pramuka

Salam Pramuka !

Sodara - sodara ku tercintah (haha.. bahasa nya alay) masi inget nggak kemarin tanggal 12 April 2016 itu hari apa?? Pasti pada mikir hari selasa kan? (jelas lah) Tapi bukan itu yang kakak maksud. Pasti pada lupa ya?????? Tanggal 12 April itu adalah hari ulang tahun Sri Sultan Hamengkubuwono IX, atau yang lebih di kenal sebagai Bapak Pandu Pramuka Indonesia.

Oke... kakak akan bahas itu belakangan. Sekarang kakak pengen bahas tentang perbedaan apa itu Pramuka, Kepramukaan, dan Gerakan Pramuka.

Okee.. Cekidot ..

A. PENGERTIAN PRAMUKA, KEPRAMUKAAN, DAN GERAKAN
    PRAMUKA

           PRAMUKA adalah singkatan dari Praja Muda karana,yang artinya orang-orang berjiwa muda dan suka berkarya.Kata berjiwa muda disini merupakan suatu ukuran semangat untuk lebih maju.

           KEPRAMUKAAN adalah nama kegiatan dalam Pramuka itu sendiri,kegiatan yang dimaksudkan disini adalah kegiatan yang menarik  dan mengandung pendidikan.Ada banyak sekali kegiatan yang ada di Pramuka

           GERAKAN PRAMUKA adalah  wadah atau organisasi tempat Pramuka itu berkumpul dan menyelesaikan masalah secara bersama.


B. MENGENAL PRAMUKA PENEGAK

            Pramuka Penegak merupakan golongan sekaligus sebutan bagi anggota Gerakan Prmuka yang berusia antara 16 sampai dengan 20 tahun.Seseorang dapat menjadi anggota penegak setelah menginjak usia 16 tahun.Sebelum dilantik menjadi pramuka penegak seorang calon pramuka penegak melewati masa yang dinamakan “Tamu Ambalan”selama sedikitnya 1 bulan.Selama menjadi tamu ambalan , calon penegak dapat mengikuti acara acara tertentu dalam ambalan hingga kemudian dilantik dalam sebuah upacara penerimaan tamu ambalan.

Sekian dulu yaa.. Sampai jumpa di materi selanjutnyaa

Salam Pramuka !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar